Indonesia Belajar Persawahan ke Thailand

Thailand merupakan salah satu negara yang memiliki industri pertanian yang baik, salah satunya yaitu persawahan padi. Luas persawahan untuk padi di Thailand sudah mencapai 9 juta hektar (ha) dan jumlah kepemilikan sawah per kepala keluarga (kk) mencapai 3 hektar (ha), sedangkan di Indonesia, luas area persawahan untuk padi mencapai 13-14 juta hektar dan jumlah kepemilikan sawah per kepala keluarga (kk) sekitar 0,3 hektar (ha). Walaupun luas sawah Indonesia 1,5 kali lipat dari luas sawah Thailand, namun luas tersebut masih kalah dengan Thailand karena Indonesia menyediakan beras untuk 240 juta jiwa. Oleh karena itu, tepat kiranya Indonesia belajar ke Thailand mengenai areal persawahan ini untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Indonesia Belajar Persawahan ke Thailand

Luas Lahan Pertanian Indonesia Kalah dari Thailand

Indonesia juga kalah dalam hal luas lahan pertanian secara keseluruhan. Luas lahan pertanian Indonesia sebesar 7,75 juta ha dengan populasi 240 juta orang, sedangkan Thailand sebesar 31,84 juta ha dengan populasi 61 juta orang. Hal inilah yang menyebabkan impor beras oleh Indonesia masih tetap dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Selama ini, Indonesia mengimpor beras dari Kamboja, Vietnam dan Thailand.

Salah satu solusi untuk membuat areal persawahan bertambah luas, yaitu dengan membangun bendungan lebih banyak lagi. Jika hal tersebut terwujud, Indonesia dapat mewujudkan kedaulatan pangan dan tidak perlu lagi impor beras.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.