Asian Agri Pakai Biogas dari Limbah Sawit untuk Hasilkan Listrik

Asian Agri merupakan salah satu perusahaan terbesar dalam bidang persawitan di Indonesia. Oleh karena itu, limbah sawit yang dihasilkan pun tergolong banyak. Melihat hal tersebut, Asian Agri berusaha memanfaatkan limbah tersebut agar bermanfaat lebih, salah satunya yaitu membuat biogas dari limbah tersebut untuk menghasilkan listrik.

Apa Itu Biogas?


Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik / fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya yaitu limbah domestik (rumah tangga), kotoran manusia dan hewan, sampah biodegradable atau setiap limbah organik (seperti limbah sawit) yang biodegradable dalam kondisi anaerobik.

Pembangkit Listrik Bertenaga Biogas


Saat ini, Asian Agri sudah mengoperasikan 5 pembangkit listrik bertenaga biogas yang menghasilkan total energi listrik sekitar 6 MW (megawatt). Kelima pembangkit listrik tersebut berada di Sumatera Utara (2 unit), Riau (2 unit) dan 1 unit di Jambi. Berdasarkan rencana jangka panjang Asian Agri, ke depannya perusahaan akan membangun 20 pembangkit listrik tenaga biogas (PLTB) yang menghasilkan 40 MW sampai tahun 2020.

Asian Agri Pakai Biogas dari Limbah Sawit untuk Hasilkan Listrik
via www.infobisnis.id


Baca Juga : Indonesia Belajar ke Thailand

Cara Pembuatan Biogas dari Limbah Sawit


Bahan baku biogas ini berasal dari limbah pabrik sawit. Limbah sawit ini letaknya dekat dengan instalasi pembangkit listrik. Limbah pabrik tersebut dialirkan dengan pipa, lalu dilakukan penyaringan sebelum dimasukkan ke dalam sebuah tabung besar. Setelah masuk ke dalam tabung besar, limbah tersebut dipanasi pada suhu 52-55 derajat celcius untuk menghasilkan biogas. Biogas tersebut kemudian dialirkan ke pembangkit listrik untuk menggerakkan turbin yang akan menghasilkan listrik sekitar 1,2 megawatt (MW). Listrik tersebut digunakan untuk operasional pabrik sawit.

Asian Agri Pakai Biogas dari Limbah Sawit untuk Hasilkan Listrik
via www.musimmas.co.id



*referensi : Beritasatu.com

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.