Tingkatkan Ekspor Buah, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Indonesia yang dihuni oleh lebih dari 250 juta penduduk, merupakan pangsa pasar yang besar bagi komoditas buah baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Namun sayangnya pangsa pasar yang besar ini masih hanya sebagai target pasar bagi negara lain bukan sebagai produsen buah yang produknya banyak diekspor.

Pemerintah pun menyadari hal ini bahwa impor buah sudah sangat mengkhawatirkan jika tidak secepatnya dicari solusinya. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo mencanangkan gerakan revolusi orange untuk meningkatkan produksi buah dan sayur.

Tingkatkan Ekspor Buah, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Langkah Pemerintah Tingkatkan Ekspor Buah


Ada beberapa langkah yang akan dilakukan oleh pemerintah untuk segera meningkatkan produksi buah dan sayur sehingga Indonesia dapat lebih banyak mengekspor buah ke berbagai negara tujuan, terutama negara-negara yang tidak memiliki buah tropis.

1. Menyediakan dan menyiapkan lahan

Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada bupati, walikota dan gubernur untuk segera menyiapkan lahan 5-50 hektar di daerahnya masing-masing untuk menanam buah. Selain itu, PT. Perkebunan (PTP) juga diperintahkan menyiapkan lahan minimal 10.000 hektar untuk menanam buah-buahan yang berorientasi ekspor.

Baca Juga : 15 Manfaat Buah Pisang


2. Mengadakan pameran / festival internasional

Salah satu cara mengenalkan buah-buahan Indonesia yaitu dengan mengadakan pameran atau festival internasional buah-buahan nusantara. Diharapkan pameran tersebut dilakukan secara bekerjasam antara Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan , dan Kementerian lain yang terkait agar promosinya semakin baik.

3. Membentuk Badan Promosi Indonesia dan Dewan Penunjang Ekspor

Pada tahun 2016, diharapkan Badan Promosi Indonesia dan Dewan Penunjang Ekspor akan terbentuk sehingga akan membantu peningkatan ekspor buah nusantara.

Tingkatkan Ekspor Buah, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Beberapa rencana pemerintah diatas diharapkan dapat membantu meningkatkan ekspor buah-buahan nusantara ke berbagai negara lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.