Indonesia Mengekspor Buah Manggis ke Australia

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil buah-buah tropis. Salah satu buah tropis yaitu buah manggis. Buah manggis merupakan salah satu komoditas unggulan hortikultura dari Indonesia. Komoditas ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena mempunyai serapan pasar yang cukup besar. Pada tahun 2011, Indonesia memproduksi manggis sebesar 117.600 ton. 12.600 ton dengan nilai USD 9,9 juta (Rp 94 miliar) diantaranya untuk diekspor.

Indonesia Mengekspor Buah Manggis ke Australia

Sebelum mengekspor ke Australia, manggis asal Indonesia sudah memiliki tujuan pasar yang utama diantaranya Cina, Hong Kong, Singapura, Malaysia dan Timur Tengah. Daerah utama penghasil manggis untuk diekspor yaitu Tasikmalaya, Purwakarta, Bogor, Sukabumi, Lampung, Kampar, Purwerejo, Blitung, Lahat, Tapanuli Selatan, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Trenggalek, Blitar, dan Banyuwangi. Saat ini, terdapat 144.037 pohon manggis di lahan seluas 1.440 hektar, yang diprediksi menghasilkan 1.223 kuintal manggis.

Tembusnya buah mangis asal Indonesia ke pasar Australia merupakan suatu keberhasilan diplomasi perdagangan Indonesia yang memberikan keyakinan kepada Australia bahwa komoditas ini sudah memenuhi standar kesehatan dan mutu yang dipersyaratkan.

Keberhasilan tersebut, diharapkan menjadi batu loncatan bagi Indonesia untuk mendorong ekspor buah-buahan tropis asal Indonesia ke negara-negara lainnya yang memiliki standar keamanan, kesehatan dan mutu makanan yang tinggi.

Salah satu perusahaan pengekspor manggis ke Australia yaitu PT Agung Mustika Selaras.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.