Minyak Atsiri, Bernilai Jual Tinggi

Masnafood - Minyak atsiri merupakan salah satu jenis minyak nabati yang multimanfaat. Karakteristik fisiknya berupa cairan kental yang dapat disimpan pada suhu ruang. Bahan baku minyak ini diperoleh dari berbagai bagian tanaman seperti daun, bunga, buah, biji, kulit biji, batang, akar, atau rimpang. Salah satu ciri utama minyak atsiri yaitu mudah menguap dan beraroma khas. Oleh sebab itu, minyak ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan wewangian dan kosmetika. 

minyak atsiri
Minyak Atsiri merupakan suatu minyak yang mudah menguap (volatile oil) biasanya terdiri dari senyawa organik yang bergugus alkohol, aldehid, keton dan berantai pendek. Minyak atsiri dapat diperoleh dari penyulingan akar, batang, daun, bunga, maupun biji tumbuhan, selain itu diperoleh juga terpen yang merupakan senyawaan hidrokarbon yang bersifat tidak larut dalam air dan tidak dapat disabunkan. Beberapa contoh minyak atsiri yaitu minyak cengkeh, minyak sereh, minyak kayu putih, minyak lawang dan dan lain-lain.

Menurut sejarah, minyak atsiri ini sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Romawi dan Mesir kuno. Namun, kepopulerannya dimulai pada abad ke-16. Saat itu, beberapa industri penyulingan di Prancis mulai memproduksi minyak atsiri yang berasal dari bunga lavender, lalu dikemas di dalam botol kecil dengan harga jual yang tinggi. Di Eropa, aroma melati dan lavender biasa digunakan untuk wewangian saat mandi dan pemijatan aromaterapi. Sementara di Indonesia, penggunaan tanaman berbau harum ini sudah dilakukan oleh wanita zaman kerajaan dahulu.

Minyak atsiri telah diteliti sejak lima abad yang lalu. Secara biologis, minyak atsiri merupakan metabolit sekunder yang digunakan sebagai alat pertahanan diri dari hewan pemangsa dan serangan hama. Selain itu, minyak atsiri juga memiliki sifat alelopati yang berperan sebagai alat untuk bersaing dengan tumbuhan lain.



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Referensi :
1. Rusli, M.S. 2010. Sukses Memproduksi Minyak Atsiri. PT. Agromedia Pustaka. Jakarta.
2. http://www.chem-is-try.org/artikel_kimia/teknologi_tepat_guna/analisis-total-minyak-atsiri/
Gambar dari http://www.chem-is-try.org/artikel_kimia/teknologi_tepat_guna/analisis-total-minyak-atsiri/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.