Bab II Keamanan Pangan Bagian Kelima Jaminan Mutu Pangan dan Pemeriksaan Laboratorium | UU RI Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan










Bagian Kelima
Jaminan Mutu Pangan dan Pemeriksaan Laboratorium


Pasal 20


(1) Setiap orang yang memproduksi pangan untuk diperdagangkan wajib menyelenggarakan sistem jaringan mutu, sesuai dengan jenis pangan yang diproduksi.


(2) Terhadap pangan tertentu yang diperdagangkan, Pemerintah dapat menetapkan persyaratan agar pangan tersebut terlebih dahulu diuji secara laboratoris sebelum peredarannya.


(3) Pengujian secara laboratoris, sebagaimana dimaksud pada ayat (2), dilakukan di laboratorium yang ditunjuk oleh dan atau telah memperoleh akreditasi dari pemerintah.


(4) Sistem jaminan mutu serta persyaratan pengujian secara laboratorium, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), ditetapkan dan diterapkan secara bertahap dengan memperhatikan kesiapan dan kebutuhan sistem pangan.


(5) Ketentuan sebagaimana diamksud pada ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) ditetapkan lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Referensi : 
http://www.asiatour.com/lawarchives/indonesia/uu_pangan/uu_pangan_babII%285%29.htm

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.