Food Estate 30.000 Ha Dikembangkan di Salim Batu

Untuk mendorong ketahanan pangan Indonesia, Pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan mulai membangun food estate di lokasi transmigrasi di kawasan Kota Terpadu Mandiri Salim Batu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, tahun ini.

Kota Terpadu Mandiri Salim Batu (KTM Salim Batu) yang dikembangkan sebagai kawasan food estate akan memanfaatkan areal potensial seluas 30.000 hektar dengan melibatkan 7.841 keluarga/30.215 jiwa yang terdiri dari penduduk asli dan masyarakat transmigran.

Sebagai tahap awal, Kemenakertrans bekerja sama dengan PT Sang Hyang Sri (SHS) melalui kontrak manajemen. PT SHS telah menanam padi hibrida seluas 100 hektar yang meliputi wilayah Tanjung Palas seluas 50 hektar, wilayah Tanjung Palas Utara seluas 30 hektar, dan wilayah Tanjung Selor seluas 20 hektar.  
Pengembangan food estate di KTM Salim Batu dilakukan untuk mengantisipasi masa depan penyediaan pangan bagi penduduk Indonesia.

"Bahkan soal penyediaan pangan ini sudah menjadi isu global dan sangat mendesak untuk segera diwujudkan," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dalam keterangan pers di Gedung Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jakarta, Rabu (30/3/2011).

Muhaimin mengatakan, pengembangan food estate di lokasi transmigrasi ditujukan untuk mendukung perubahan pola produksi pangan yang selama ini bersifat individu (pertanian individu) menjadi pertanian tanaman pangan yang terorganisasi oleh suatu corporate management.

Muhaimin berharap, pembangunan food estate ini dapat mendayagunakan sumber daya alam tersebut sesuai program transmigrasi yang dapat menyinergikan sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam satu proses produksi yang berkesinambungan.

Pengembangan food estate pada kawasan Delta Kayan di KTM Salim Batu Kabupaten Bulungan akan memacu pertumbuhan ekonomi daerah melalui pembangunan kawasan transmigrasi.

"Dalam konsep food farming ini, petani atau transmigran tidak hanya sebagai pekerja, tetapi juga bertindak sebagai pemilik usaha dengan manajemen PT SHS dalam bentuk corporate farming," ujarnya.

KTM Salim Batu yang akan dikembangkan sebagai kawasan food estate ini juga diproyeksikan menjadi sentra perkebunan kelapa sawit dan peternakan.

Saat ini sudah ada desa dan lokasi permukiman transmigrasi di Tanjung Buka itu Permukiman transmigrasi yang sudah ditempati adalah kawasan Tanjung Buka 1, SP 2, SP 7, dan SP 8 sebanyak 1.165 keluarga atau 4.951 jiwa. Kawasan transmigrasi ini juga masih mampu menampung transmigran baru, sedikitnya 500 keluarga.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Referensi :
1. http://regional.kompas.com/read/2011/03/31/03232299/Rencana.Food.Estate.30.000.Ha.Bulungan

Gambar dari http://en.wikipedia.org/wiki/Indonesia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.