Merauke Jadi Lumbung Pangan Butuh Dana Besar



Rencana pemerintah menjadikan Merauke sebagai lumbung pangan (food estate) Indonesia membutuhkan dana sebesar US$10 miliar atau Rp90,91 triliun. Dana tersebut adalah dana minimal yang dipakai untuk membangun fasilitas dasar.

"Investasinya besar. Investasi yang perlu di Merauke saja US$10 miliar, termasuk dengan infrastruktur dan sebagainya," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan di Kantor Menko Perekonomian, Senin 21 Juni 2010.

Pendapat berbeda disampaikan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Menurut dia, kebutuhan dana US$10 miliar itu kecil. "Itu kecil, kebutuhan keseluruhannya bisa ratusan miliar," ujar dia.

Kebutuhan sebesar itu, menurut Djoko, dipakai untuk pembangunan jalan provinsi dan kabupaten yakni dalam hal menghubungkan tempat-tempat produksi dan pelabuhan di Merauke, Papua.

Tak hanya itu, dia menambahkan, pembangunan juga diperlukan untuk membangun fasilitas dasar seperti listrik. "Kita butuh sistem kelistrikan. Jalan sampai ke pengairannya harus baik," ujar Djoko.

Namun, Djoko mengatakan bahwa dana sebesar itu tidak semuanya diperlukan dalam sesaat, sehingga kebutuhan dana dikumpulkan dari sumber dana melalui beberapa tahapan.


Referensi :
- VivaNews -

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.